KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA JAWA
SMP/MTs
2013
KELAS VII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1. 1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa sebagai
ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta
1.2 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa sebagai
sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.3. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa sebagai
sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.
1.4. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa untuk
mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta
bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
2.1 Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah
laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antarpribadi dengan teman,
guru, dan orang tua.
2.2. Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat
tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai
ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.
2.3. Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun sebagai ciri khas
karakter masyarakat Yogyakarta
2.4. Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon suatu peristiwa.
|
3.Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1.
Memahami fungsi teks lisan sesuai dengan unggah-ungguh Jawa
3.2. Memahami tujuan, fungsi menceritakan pengalaman
3.3. Memahami cangkriman dan parikan.
3.4. Memahami (geguritan).
3.5.
Memahami lagu dolanan dan tembang
Macapat Kinanthi
3.6. Memahami teks khusus yang berupa kalimat sederhana beraksara Jawa.
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai,
merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca,
menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di
sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori
|
4.1.
Menyusun teks lisan sesuai
unggah ungguh Jawa
untuk berbagai keperluan. sederhana
4.2.
Menyusun teks lisan dan tulis untuk menceritakan
pengalaman .
4.3.
Menyusun cangkriman dan parikan
secara sederhana.
4.4.
Menyusun geguritan sederhana.
4.5.
Melagukan lagu dolanan dan tembang Macapat Kinanthi
4.6.
Membaca dan menulis kalimat sederhana beraksara Jawa.
|
KELAS VIII
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1.
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa sebagai
ciri khas keistimewaan DIY
1.2.
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa sebagai
sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.3. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa sebagai
sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.
1.4. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa untuk
mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta
bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
2.1.
Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah
laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antarpribadi dengan teman,
guru, dan orang tua.
2.2. Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat
tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai
ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.
2.3.Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam membahas suatu
masalah atau sudut pandang .
2.4. Memiliki rasa percaya diri dalam mengungkap karya sastra Jawa.
|
3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1. Memahami berbagai fungsi teks
lisan sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
3.2.
Memahami strategi menyimak berita berbahasa Jawa.
3.3. Memahami cara menanggapi siaran berita berbahasa Jawa
3.4. Memahami cerita pendek berbahasa Jawa (cerkak).
3.5.
Memahami puisi Jawa (geguritan).
3.6.
Memahami tembang Macapat Pangkur dan Maskumambang
3.7. Memahami teks khusus yang berupa kalimat sederhana beraksara Jawa.
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori
|
4.1 Menyusun teks lisan untuk berbagai keperluan dirumah dan sekolah sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
4.2.
Menangkap informasi-informasi dalam berita berbahasa Jawa
4.3.
Menyusun tanggapan dari siaran berita berbahasa Jawa
4.4.
Mengurai unsur-unsur cerkak.
4.5.
Membaca geguritan .
4.6.
Melagukan tembang Macapat Pangkur dan Maskumambang
4.7.
Membaca dan menulis kalimat beraksara Jawa.
|
KELAS IX
KOMPETENSI INTI
|
KOMPETENSI DASAR
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1. 1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk
memperkaya ragam bahasa dan budaya Indonesia.
1.2
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.3.
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa sebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.
1.4.
Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan
Yang Maha Esa untuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun
berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat
Jawa.
|
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan
dan keberadaannya.
|
Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku
dalam melaksanakan komunikasi fungsional antar pribadi dengan teman, guru,
dan orang tua.
2.2 Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat
tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai
ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.
2.3.Memiliki perilaku kreatif dan bertanggung jawab dalam menghasilkan
karya
2.4.
Memiliki rasa percaya diri dalam
melestarikan budaya jawa
|
3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan
rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait
fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1.
Memahami teks untuk , menyatakan berbagai maksud dan tujuan dalam masyarakat sesuai dengan
unggah-ungguh Jawa.
3.2.
Memahami tentang pranatacara (MC)
dalam kegiatan sederhana.
3.3.
Memahami sesorah (pidato)
sederhana berbahasa Jawa.
3.4.
Memahami karya jurnalistik Jawa.
3.5.
Memahami paragraf sederhana beraksara Jawa.
|
4.
Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori
|
1.1. Menyusun teks lisan untuk
menyatakan setuju/ tidak setuju, menanggapi jawaban tidak benar, memberi
semangat, menyatakan harapan atau doa, menyatakan ikut berbahagia maupun
berbela sungkawa dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, serta
sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
1.2.
Menyusun teks pranatacara (MC) kegiatan sederhana.
1.3.
Menyusun teks sesorah (pidato) kegiatan sederhana.
1.5.
Membaca paragraf sederhana beraksara Jawa.
1.6.
Menulis paragraf sederhana beraksara Jawa
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar