Sesanti

Sesanti

Kamis, 19 Desember 2013

KD BAHASA JAWA



KOMPETENSI INTI DAN KOMPETENSI DASAR BAHASA JAWA
SMP/MTs 2013

KELAS VII


KOMPETENSI INTI


KOMPETENSI DASAR
1.   Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.  1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta
    1.2  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.3. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.
1.4. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
    2.1 Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antarpribadi dengan teman, guru, dan orang tua.
2.2. Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.
2.3.  Memiliki perilaku kreatif, tanggung jawab, dan santun sebagai ciri khas karakter masyarakat Yogyakarta
2.4. Memiliki perilaku percaya diri, peduli, dan santun dalam merespon suatu peristiwa.
3.Memahami pengetahuan(faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
        3.1.  Memahami fungsi teks lisan sesuai dengan unggah-ungguh Jawa
3.2.  Memahami tujuan, fungsi menceritakan pengalaman
3.3.   Memahami cangkriman dan parikan.
3.4.   Memahami (geguritan).
3.5.   Memahami  lagu dolanan dan tembang Macapat Kinanthi
3.6. Memahami teks khusus yang berupa kalimat sederhana beraksara  Jawa.
4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori
4.1.    Menyusun teks lisan sesuai unggah ungguh Jawa   
  untuk berbagai keperluan. sederhana
4.2.      Menyusun teks lisan dan tulis untuk menceritakan
                    pengalaman .
4.3.      Menyusun  cangkriman dan parikan secara sederhana.
4.4.      Menyusun geguritan sederhana.
4.5.      Melagukan lagu dolanan dan tembang Macapat Kinanthi
4.6.      Membaca dan menulis kalimat sederhana beraksara Jawa.



KELAS VIII

KOMPETENSI INTI


KOMPETENSI DASAR
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya 
    1.1.  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai ciri khas keistimewaan DIY
    1.2.  Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.3. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.
1.4. Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1.  Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antarpribadi dengan teman, guru, dan orang tua.
2.2. Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.
2.3.Memiliki perilaku demokratis, kreatif, dan santun dalam membahas suatu masalah atau sudut pandang .

2.4.  Memiliki rasa percaya diri dalam mengungkap karya sastra Jawa.
3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
     3.1. Memahami berbagai fungsi  teks lisan  sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
3.2.   Memahami strategi menyimak berita berbahasa Jawa.
3.3.    Memahami cara menanggapi siaran berita berbahasa Jawa
3.4.   Memahami cerita pendek berbahasa Jawa (cerkak).

3.5.   Memahami puisi Jawa (geguritan).
3.6.   Memahami tembang Macapat Pangkur dan Maskumambang
3.7.  Memahami teks khusus yang berupa kalimat sederhana beraksara Jawa.
4.       Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori
    4.1  Menyusun teks lisan untuk berbagai keperluan dirumah dan sekolah  sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
4.2.      Menangkap informasi-informasi dalam berita berbahasa Jawa
4.3.      Menyusun tanggapan dari siaran berita berbahasa Jawa
4.4.      Mengurai unsur-unsur cerkak.
4.5.      Membaca  geguritan .
4.6.      Melagukan tembang Macapat Pangkur dan Maskumambang
4.7.      Membaca dan menulis kalimat beraksara Jawa.


KELAS IX

KOMPETENSI INTI


KOMPETENSI DASAR
1.       Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.  1.1 Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta untuk memperkaya ragam bahasa dan budaya Indonesia.
    1.2   Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana memahami informasi lisan dan tulis.
1.3.      Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa sebagai sarana menyampaikan informasi lisan dan tulis.
1.4.      Menghargai dan mensyukuri keberadaan bahasa Jawa sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa untuk mengajarkan pendidikan karakter, adat, sopan-santun berbahasa serta bertingkah laku yang menjalin sistem tata hubungan masyarakat Jawa.
2.  Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong-royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
Menghargai dan menghayati kesantunan dalam berbahasa dan bertingkah laku dalam melaksanakan komunikasi fungsional antar pribadi dengan teman, guru, dan orang tua.
2.2 Memiliki perilaku percaya diri dan tanggung jawab dalam membuat tanggapan pribadi atas karya budaya masyarakat Jawa yang penuh makna sebagai ciri khas keistimewaan Daerah Istimewa Yogyakarta.
2.3.Memiliki perilaku kreatif dan bertanggung jawab dalam menghasilkan karya
2.4.      Memiliki rasa percaya diri  dalam melestarikan budaya jawa
3.Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1.  Memahami teks untuk , menyatakan berbagai maksud dan  tujuan dalam masyarakat sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
3.2.  Memahami  tentang pranatacara (MC) dalam kegiatan sederhana.
3.3.      Memahami  sesorah (pidato) sederhana berbahasa Jawa.
3.4.      Memahami  karya jurnalistik Jawa.
3.5.      Memahami paragraf sederhana beraksara Jawa.
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/ teori
1.1. Menyusun teks lisan untuk menyatakan setuju/ tidak setuju, menanggapi jawaban tidak benar, memberi semangat, menyatakan harapan atau doa, menyatakan ikut berbahagia maupun berbela sungkawa dengan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks, serta sesuai dengan unggah-ungguh Jawa.
1.2.  Menyusun teks pranatacara (MC) kegiatan sederhana.
1.3.      Menyusun teks sesorah (pidato) kegiatan sederhana.
1.4.      Menyusun karya jurnalistik Jawa.
1.5.      Membaca paragraf sederhana beraksara Jawa.
1.6.      Menulis paragraf sederhana beraksara Jawa

Tidak ada komentar:

Posting Komentar